Mudah Sekali Ternyata Cara Membuat Bakso Beranak Mercon Jumbo Super Pedas Gila

Mudah Sekali Ternyata Cara Membuat Bakso Beranak Mercon Jumbo Super Pedas Gila

Terbukti memang sangat enak sekali bakso beranak mercon jumbo super pedas gila. Hal ini dibenarkan karena banyak peminat bakso beranak ini. Jika kalian yang belum tahu, pada dasarnya bakso beranak adalah bakso jumbo super besar didalamnya ada beberapa bakso kecil-kecil.

Bakso beranak sangat cocok dengan Namanya, bakso jumbo merupakan ibu yang didalamnya mengandung bakso kecil-kecil. Variasi didalamnya begitu banya, dimana bukan hanya bakso kecil – kecil saja, tapi ada telur puyuh, tetelan, dan masih banyak lagi. Khusus yang gemar pedas bisa pesen beranak mercon jumbo super pedas gila berisi cabai pedas.

Cari Tahu Tentang Resep Bakso Mercon

Bahan dasar bakso memang tidak hanya menggunakan daging sapi, melainkan ayam juga bisa. Tinggal berkreasi saja ingin membuat bakso seperti apa. Bakso biasa, ataupun beranak semua tinggal tentang ukurang dan sesuaikan budget saat membuat. Kalian bebas buat isian untuk bakso beranak seperti, keju, telur puyuh, tetelan dan masih banyak lagi.

Persiapkan Bahan Pentol Bakso Sapi :

  • Persiapkan kurang lebih 500 gr daging sapi kemudian di potong kotak-kotak. Lebih aman lakukan penggilingan sendiri dimana menghindari daging oplosan seperti bercampur daging yang tidak jelas.
  • Tepung Sagu 100 gr
  • Es Batu Serut 100 gr
  • Bawang Merah 5 Siung
  • Bawang Putih 4 Siung
  • Garam 1 sdm
  • Kaldu Bubuk 1 sdt
  • Lada Bubuk 1 sdt
  • 6 btr telur puyuh rebus (opsional)
  • Telur Puyuh Rebus (Opsional) 6 butir

Persiapkan Bahan Kuah :

  • Tulang sapi 250 gr
  • Lada bubuk 2 sdt
  • Bawang putih (Cincang halus, goreng) 5 siung
  • Air 2 lt

Persiapkan Bahan Pelengkap:

  • Bawang Goreng secukupnya
  • Daun Seledri (Rajang Halus) 2 Batang
  • Daun Bawang (Rajang Halus) 2 Batang
  • Garam secukupnya
  • Kaldu Bubuk secukupnya
  • Kecap manis
  • Saus sambal

Proses Cara Membuat Bakso Beranak :

  1. Persiapkan panci besar dan isi air yang banyak kurang lebih cukup untuk merebus seluruh bakso.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, goreng hingga matang dan harum. Sisihkan.
  3. Iris seluruh bawang merah dan juga bawang putih kemudian goreng menggunakan api sedang hingga matang.
  4. Proses penggilingan persiapkan blender kemudian masukkan daging sapi yang sudah di potong kotak-kotak. Masukkan juga es batu yang sudah di serut atau di hancurkan, bawang putih dan bawang merah goreng. Blender hingga semua tercampur dan halus.
  5. Setelah proses penggilingan menggunakan blender, pindahkan ke wadah. Masukkan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu bubuk, dan juga lada bubuk kemudian aduk hingga merata. Lanjutkan dengan memasukkan tepung sagu bertahap sedikit demi sedikit serambi uleni menggunakan tangan. Uleni terus hingga adonan benar-benar merata.
  6. Mulailah membentuk bakso bulatan-bulatan kecil. Caranya sangat mudah, yaitu ambil segenggam dari adonan, remas hingga nantinya menyembul pentol dari adonan (diantara ibu jari dan telunjuk).
  7. Langsung saja ambil pentol dengan cara menggunakan sendok. Lanjut dengan menyemplungkan ke dalam air mendidih. Terus lanjutkan buat bakso kecil-kecil kurang lebih separuh dari pada seluruh adonan yang ada.
  8. Setelah selesai, bakso kecil-kecil tersebut rebus hingga matang. Kematangan biasanya bakso akan mengapung dengan sendirinya, kemudian angkat dan tiriskan.
  9. Setelah bakso kecil-kecil selesai, baru mulai membuat induk bakso. Karena ukuran yang cukup besar, caranya gunakan mangkok dengan bentuk cembung untuk membuat bulatan. Tapi sebelumnya jangan lupa olesi minyak goreng terlebih dahulu mangkok yang akan digunakan. Hal ini dimaksudkan agar tidak lengkat adonan nantinya.
  10. Mulai ambil kurang lebih 2 hingga 3 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam mangkok. Tekan adonan pelan-pelan hingga menutupi permukaan bagian mangkok hingga membentuk cekungan.
  11. Proses selanjutnya ambil kurang lebih 4 sampai 6 butir bakso kecil, 2 telur puyuh yang sudah matang dan masukkan kedalam cekungan adonan bakso induk. Mulai perlahan rapatkan cekungan hingga adonan nantinya membentuk bulatan dan bakso kecil masuk di dalamnya. Lakukan terus hingga adonan habis.
  12. Proses selanjutnya masukan dalam rebusan air mendidih hingga matang (mengapung) kemudian angkat dan tiriskan.

Proses Cara Membuat Kuah Bakso

  1. Persiapkan panci yang cukup, masukkan air, kemudian tulang sapi, bawang putih goreng, lada bubuk rebus hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, cukup kecilkan apinya rebus kurang lebih sekitar 30 menit hingga 1 jam. Hal ini dimaksudkan agar kaldunya keluar.

Cara Menyajikan Bakso

  1. Mulai dengan masukkan bakso kedalam kuah, untuk beberapa waktu kemudian sisihkan
  2. Persiapkan mangku untuk penyajian, beri kaldu bubuk, garam, irisan dari daun bawang dan seledri, saus sambal dan kecap manis.
  3. Ambil bakso dari kuah yang sudah mendidih, berikan kuah secukupnya.
  4. Belah bakso hingga “Beranak”
  5. Santap selagi masih panas

Nah, jadi pada dasarnya cukup mudah bukan membuat bakso beranak mercon jumbo super pedas gila sendiri. Bumbu-bumbu yang sederhana dan proses cukup simpel, kalian bisa mencoba mempraktekkan dirumah. Bakso buatan sendiri tentunya akan lebih puas, dan sesuai dengan selera.


Leave a Reply

Your email address will not be published.