5 Masakan Tradisional Jawa Tengah yang Lezat dan Populer

5 Masakan Tradisional Jawa Tengah yang Lezat dan Populer

Berburu berbagai jenis masakan yang enak dan lezat sudah menjadi salah satu kebiasaan yang melekat bagi pecinta kuliner. Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah banyak membahas aneka resep masakan beserta cara-cara dalam memasaknya. Nah, di kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai masakan khas tradisional Jawa terkhusus lagi di Jawa Tengah.

Jawa Tengah memiliki berbagai makanan khas yang tidak kalah dengan daerah lain. Ada begitu banyak makanan tradisional khas yang wajib kita coba apabila kita berkunjung ke daerah tersebut. Yang menjadi daya tarik tambahan ialah setiap daerah di Jawa  Tengah memiliki kekayaan kuliner khas mereka masing-masing sesuai dengan kultur budaya mereka.

Keunikan lain dari berbagai masakan tradisional khas Jawa Tengah yaitu rasa yang berbeda tergantung dari siapa yang memasaknya. Bahkan untuk resep makanan dan jenis masakan yang sama apabila dimasak oleh tangan berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda pula. Hal ini lah yang membuat masakan tradisional khas Jawa Tengah memiliki ciri khas tersendiri.

Beberapa Masakan Tradisional dari Jawa Tengah yang Lezat

1.      Lumpia Semarang

Makanan tradisional khas satu ini merupakan perpaduan dari cita rasa lokal dan Tionghoa. Hal ini mengingat asal usul dari makanan ini pertama kali dibuat oleh keturunan Tionghoa yang menikah dengan warga Semarang. Dari bentuknya, Lumpia Semarang memiliki kemiripan dengan risoles yang diisi dengan aneka bahan isian.

Makanan ini sebaiknya disantap saat masih hangat. Karena kenikmatan akan terasa lebih baik lagi apabila dimakan saat sedang hangat-hangatnya. Apalagi dicampur dengan saus kental manis yang membuat rasa Lumpia Semarang ini banyak disukai oleh masyarakat setempat dan para wisatawan.

Di dalam Lumpia Semarang terdapat berbagai isian diantaranya rebung, ayam, telur, dan udang. Biasanya Lumpia Semarang juga dibarengi dengan saus kental manis khas yang dibuat khusus untuk dikonsumsi bersama Lumpia Semarang. Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, makanan ini sangat cocok menjadi pendamping saat minum teh atau kopi baik di pagi hari maupun di siang hari.

Nah, dari pada jauh-jauh ke Semarang agar bisa mencicipi masakan ini, lebih baik kamu mencoba membuatnya  sendiri di rumah. Bagi yang ingin membuat Lumpia Semarang ini silahkan ikuti panduan cara membuat lumpia semarang.

2.      Soto Kudus

Soto memang termasuk ke dalam makanan yang mempunyai variasi yang banyak di tanah air. Setiap daerah yang memiliki makanan Soto mempunyai keunikan dari ciri khas masing-masing. Termasuk soto kudus Jawa Tengah yang telah terkenal dengan ciri khas dan kenikmatannya.

Secara sepintas, memang Soto Kudus memiliki kesamaan bentuk dengan soto khas daerah lainnya. Namun, apabila telah dicicipi anda akan merasakan kenikmatan tersendiri dari soto kudus ini  yang akan membuat anda ketagihan dan ingin mencoba lagi dan lagi. Ada 2 pilihan menu dari Soto Kudus, yakni soto ayam dan soto kerbau.

Jika kamu ingin menyajikan makanan ini di rumahmu sendiri, mari memasaknya dengan panduan cara membuat soto kudus sendiri.

3.      Nasi Gandul Pati

Makanan yang satu ini memiliki ciri khas berkuah yang membuatnya nikmat dan segar. Selain itu makanan ini kaya akan rempah-rempah  sehingga membuat kuahnya sangat kental berkat bumbu-bumbu yang digunakan. Nasi gandul ini akan terasa bumbu khas dan rasanya ketika dinikmati langsung di kota Pati.

Berisikan kuah yang segar dan lauk daging sapi yang diolah sedemikian rupa menjadi kawan yang lezat untuk nasi gandul ini. Masakan ini tentu saja tetap bisa disajikan di rumah dengan cara kamu mengikuti dan mempraktekkan panduan dan resep-resep nasi gandul pati yang telah kami sediakan di situs ini.

4.      Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah masakan yang terdiri dari nasi, kelapa, dan disajikan bersama sayur labu siam, serta daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat anda ketagihan untuk selalu memakannya. Pada dasarnya, nasi liwet ini hampir sama dengan nasi uduk karena memang tergolong ke dalam nasi gurih.

Perbedaan nasi liwet dan nasi uduk terletak pada penyajiannya yang tetap menggunakan lauk tambahan yang dikombinasikan secara yang menarik. Anda penasaran dengan nasi liwet khas Solo ini dan ingin mencoba memasaknya di rumah sendiri? Jika iya, silahkan pelajari terlebih dahulu caranya di panduan cara membuat nasi liwet solo enak.

5.      Mendoan Purwokerto

Semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan mendoan yang mana sudah terkenal tidak hanya di daerah asalnya, melainkan juga di seluruh Indonesia. Mendoan adalah tempe yang dimasak dengan cepat di minyak panas dan dimasak dengan keadaan tidak benar-benar matang. Mendoan ini walaupun bisa kita temui ketika berwisata ataupun berkunjung ke Jawa Tengah, kita tetap bisa memasaknya sendiri dengan resep yang telah kami sajikan di situs masakan khas daerah ini.

Dengan membuat dan memasak sendiri semua masakan tersebut di rumah maka kita bisa juga mengobati kerinduan dan keinginan kita pada berbagai makanan tradisional khas Jawa Tengah tersebut. Silahkan kamu berkreasi dengan berdasarkan panduan dan resep-resep yang telah kami sajikan. Selamat mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published.